Taraf Nyata dan Selang Kepercayaan

Taraf nyata a vs (1-a)

Taraf nyata (ada yang menyebut sebagai tingkat nyata) bersumber dari kata “significant” yang menyatakan sesuatu hal yang penting dan perlu dinyatakan sebagai suatu perbedaan. Atau dengan kata lain memberikan dampak. Dampaknya bisa positif atau tidak memberikan dampak (tidak menampakan perbedaan). Rentangan nilai pada kurva mengarah keluar jika dinyatakan berbeda.

Selang kepercayaan (ada juga yang menyebut sebagai selang keyakinan) bersumber dari “confidence interval” yang menyatakan sesuatu yang tak penting. Disini meskipun terjadi perbedaan secara pisik, namun bisa saja secara statistik belum menampakan perbedaan sesuai kriteria nilai uji yang digunakan. Rentangan nilai berada di dalam kurva sampai batas dinyatakannya adanya suatu perbedaan (taraf nyata).

Dari kedua uraian di atas, kita coba menelaah dalam bentuk kurva. Agar jelas digunakan kurva dengan dua arah (sisi).
Kurva di atas mengilustrasikan posisi/kedudukan untuk pernyataan “taraf nyata” dan “selang kepercayaan”, yang nampak jelas terdapat perbedaan.

Jika taraf nyata diinginkan sebesar α = 5% (dalam kurva dibagi 2 sehingga masing-masing sisi ditulis ½ α = 0,025), berarti persen selang kepercayaan sebesar 1 – 5% = 95%, atau sebaliknya. Demikian pula jika dinyatakan α = 1% (dalam kurva ditulis masing-masing ½ α = 0,005), berarti persen selang kepercayaan sebesar 1 – 1% = 99%, atau sebaliknya.

Jadi jelas bahwa nilai taraf nyata sebesar α berbeda dengan nilai selang kepercayaan sebesar (1- α). Ini akan nampak jelas saat kita menentukan nilai uji untuk suatu percobaan (aplikasi). Misalkan saja kita akan melakukan pengujian menggunakan uji F (Fisher).

Contoh menentukan nilai α(v1,v2) identik dengan α(db1,db2), identik dengan α(db-perlakuan, db-galat) adalah α(2,12).
* Jika diinginkan α = 5%, maka F 0.05(2,12) = 3.885294
* Jika diinginkan α = 1%, maka F 0.01(2,12) = 6.926608

Cara cepat untuk menentukan nilainya adalah
1. Buka layar microsoft Excel, letakan kruser sembarang saja.
2. ketik “=FINV(0.05,2,12)” Enter ; untuk α = 5% (kotak hijau)
3. ketik “=FINV(0.01,2,12)” Enter ; untuk α = 1% (kotak jingga)

Jika nilai Fhitung-data berada dalam selang nilai (1- α), atau lebih kecil dari nilai Fnilai-batas sebesar α, maka perbedaan yang ada tidak penting dan dinyatakan sebagai berbeda tidak nyata pada taraf sebesar α. Sebaliknya jika nilai Fhitung data samadengan atau melebihi nilai Fnilai-batas sebesar α, maka perbedaan yang ada dinyatakan penting dan dinyatakan juga sebagai berbeda nyata pada taraf sebesar α.

Sebagai tambahan bahwa dalam perhitungannya langsung menggunakan α sebesar 5% atau 1%. Kita tidak perlu melakukan perhitungan ½ α nya; itu hanya sebagai ilustrasi untuk memperjelas pengertian. Pada kesempatan lain akan dijelaskan tentang selang kepercayaan agar lebih memperjelas perbedaan di atas.

silahkan klik link berikut untuk lebih jelasnya mengenai selang kepercayaan

Selang kepercayaan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s